Sabtu, 11 Februari 2012

MUlticolor FLex

INI pake flex beli dari bung Yofin...
(sebelum produksi, nanya dulu ke bung Yofin, flex nya bisa ditumpuk2 nggak; menurut sang Penjual: Gak Bisa! hanya bisa menumpuk sedikit, kalo banyak meleleh. Begitulah sabda sang penjual)

Oke deh.... berarti pakai triks cutting per layer per color
Proses ini hanya berlaku utk flex yg tdk bisa ditumpuk. Ada beberapa jenis flex yg bisaditumpuk2 shg desain dan cut lebih bebas sesuka hati (udh sering coba pakai flex powerdigital dan velflex).

01. Design
Pisahkan masing2 warna pada masing2 layer. eksport perwarna ke eps atau dxf atau plt -> prefer eps. INi karena menggunakan mesin cutting yg hanya menerima file vector eps, dxf atau plt.


02. CUtting
Cutting per warna. (jgn lupa cutting mirror image)


03. Peel
Cabut atau lepaskan bagian yg tdk diinginkan.


04. Letakan menghadap ke kaos & Press
Posisikan layer yg paling utama terlebih dahulu (terbesar dan melingkupi objek, dlm kasus contoh adalh yg warna hitam).
Press pada suhu dan waktu yg ditentukan -> baca instrucction manual masing2 flex. Utk flex bung YOfin di mesin saya pakai 160 derajat dan 15 detik (berhubung kasus ini adl multi layer maka dikurangi waktunya menjadi 10-12 detik krn akan beberapa kali press).



05. Peel
Cabut atau lepaskan plastik nya.


06. Posisikan second layer
LEtakan dan posisikan warna ke dua. Karena menggunakan plastik tembus pandang maa mudah dipantau langsung oleh mata (kalo mau presisi pakai registration mark).


07. Press
Press dgn suhu yg sama. Cover layer pertama (dlm kasus contoh adl yg warna hitam) dgn menggunakan plastik tahan panas. Dapat digunakan plastik baking paper nya.

08. peel
Buka baking papernya.


09. POsisikan layer ke tiga
Posisikan layer ketiga (dlm kasus ini berwarna putih).


10. Press
Press kembali dan cover bagian hitam dan merah dgn plastik tahan panas.

11. Peel
cabut baking papernya


12. Finished
SElesai sudah. Jika ada beberapa detail yg ingin timbahkan spt dlm kasus contoh adlah pd bagian mata, hidung dan tulisan) dapat di press kembali.


Tips utk menggunakan metoda multi layer, terutama apabila flex tdk bisa ditumpuk, maka pisahkan masing2 warna. Usahakan layer pertama yg paling besar dan mengcover area gambar dibuat "bleeding". Artinya lebih besar sedikit dari gbr utk menjaga ada bagian yg bolong atau tdk tertutup rapih.
Waktu press dapat dikurangi dari instruction nya misalkan harusnya 15 detik maka dapat dikurangi menjadi 10-12 detik. Hal ini karena akan diperss berulang2 shg flex tdk menjadi lumer terlalu lama di panaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar