Minggu, 12 Februari 2012

JPSS lover

Sedikit saran buat para JPSS lover:

Heat press di katun di atas 200 drjt lebih dari 40 detik memang umumnya menyebabkan scorsing (kaos agak gosong ke kuning2an).

Utk menanggulanginya:
Pakai selalu kain teflon pada heat platten nya - bagian plat atas yg panas, atau letakan di atas kaos. Kain Teflon bisa di beli di harco glodok (Jkt) agak sedikit mahal sih.
Lapisi juga kaos katun dengan ditutupi kain lain (cari yg bahan polyester), shg panas dari heat platten nya tdk langsung menempel di katun. Tapi ini berarti harus menaikan sedikit suhu pada mesin. Misalnya dari 200 derajat menjadi 210 derajat.

Mesin china biasanya panas tdk merata. hanya bagian tengah yg panas semakin ke pinggir maka panasnya berkurang.

Utk menanggulangi:
usahakan gambar yg akan di press tidak terlalu besar dan letakan di tengah. Apabila kaos diletakan di tengah tapi rib (bagian leher kaos) mengganjal - shg menyebabkan clam plate nya tdk rata, bagian rib platenya agak terbuka (menganga) atau tidak tertekan dengan baik, maka usahakan bagian gambar tersebut di bawahnya diberikan alas yg agak tinggi (melebihi tinggi rib kaos). Paling bagus adalah dengan menggunakan karet silicon karena elastis dan tahan panas.


Hasil press JPSS retak2

utk menanggulangi:
Hotpeel adalah solusi terbaik utk JPSS
maksudnya Begitu selesai press harus langsung di kupas lapisan penutupnya (dalam keadaan panas). Dan supaya hasil gambar agak lentur, saat masih kondisi hangat (Tdk boleh dlm keadaan dingin) kaos agak di tarik2 pelan (streching) utk membuat gambar tersebut lemas dan tidak kaku. Tapi apabila sudah dalam kondisi dingin... ini malah menyebabkan retak. Karena lapisan gambar sudah kaku.



semoga bermanfaat....
mohon maestro JPSS mr Blitz koreksi kala salah. (so far ini yg gw prakekin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar