Kamis, 09 Februari 2012

Bahan sablon

A. PRINTABLE HEAT TRANSFER MATERIAL / PRINTABLE FLEX

Heat transfer material adalah bahan semacam karet atau rubber yang dapat diprint dan di press di kain, kayu dan kertas. Heat transfer dibedakan berdasarkan tinta yang kita pakai, yaitu :

Heat Transfer Material For Solvent/Ecosolvent Inks, bahan ini diperuntukkan untuk printer berbasis tinta solvent atau ecosolvent seperti ROLAND, MUTOH, MIMAKI, HP, dll. Dalam pemakaiannya biasanya diperlukan mesin cutting dan masking tape untuk mengerjakan design-design yang harus dipotong sesuai polanya.
Heat Transfer Material For Sublimation inks, bahan ini diperuntukkan untuk printer atau mesin cetak berbasis tinta sublim. Untuk kertas sublim ini biasanya proses printingnya mirror dan tidak memerlukan masking tape.
Heat Transfer Material For Dye/Pigment Inks, bahan ini diperuntukkan untuk printer atau mesin cetak berbasis tinta dye atau waterbase seperti EPSON, HP, CANON, dll. Proses pengerjaannya biasanya cukup mudah, anda tinggal print dan press di atas permukaan kain. Dari semua bahan biasanya bahan jenis ini memiliki kekuatan paling lemah terhadap daya tahan cuci.
Heat Transfer Material For Toner / Laser Print, bahan ini digunakan pada mesin-mesin cetak berbasis toner seperti HP, FUJIXEROX, CANON, dll. Secara hasil cukup bagus akan tetapi harga transfer paper ini relatif mahal dibandingkan jenis heat transfer material yang lainnya.

Semua jenis heat transfer material di atas bersifat menempel di permukaan kain sehingga biasanya bisa dipakai di berbagai jenis dan warna kain.

Harga Bahan Printable Flex Berbasis Solvent OBLONG DIGITAL adalah Rp. 165.000/m lari (lebar bahan 100cm)

B. BAHAN FLOCK / BELUDRU DIGITAL

Flock adalah salah satu teknik sablon yang hasil akhirnya bersifat bludru lembut, secara manual biasanya serbuk flock disemprotkan ke lem yang sudah disablonkan diatas kaos. Untuk cara digital sablon flock menggunakan mesin cutting, jadi bahan flock sudah berbentuk lembaran dimana bahan ini terdiri dari bagian atas yg mengandung flock dan bagian bawah yang mengandung lem.

Untuk melindungi agar serbuk flocknya tidak rusak ketika disimpan dan proses penyablonan maka ada lapisan plastik bening di bagian atas (plastik bening ini sebaiknya dicabut ketika proses press selesai). Bahan flock digital sangat mudah digunakan karena anda tinggal memotongnya dengan mesin cutting ataupun manual dan kemudian mengepressnya di atas kaos, setelah dingin cabut lapisan plastik bening secara perlahan-lahan.


Untuk beludru ukuran lebar 50cm panjang sesuai permintaan..

harga per meternyanya adalah Rp. 265.000..untuk pembelian di atas 2 meter dapat diskon 65rb atau harganya jadi Rp. 200.000/m lari

Untuk glow in the dark harga per meter adalah Rp. 483.000..untuk pembelian di atas 2 meter dapat diskon 83rb atau harganya jadi Rp. 400.000/m lari


Untuk pemesanan silakan hubungi OBLONG DIGITAL

C. BAHAN FOIL DIGITAL

Bahan foil adalah bahan sablon yang hasil akhirnya bersifat mengkilap atau glossy. Biasanya berwarna khusus seperti emas, perak dan warna-warna utama. Sama seperti flock, untuk foil digital maka di bahan tersebut sudah ada lemnya sehingga kita tinggal press saja ke baju atau media yang ingin kita sablon.

Harga Foil transfer ukuran 100×145cm adalah Rp. 100.000 atau hanya Rp.6,8/cm2 atau hanya Rp. 4.080/A4….Minimal order adalah 1 meter..untuk pengambilan 5m ke atas dapat diskon sampai Rp.30.000/m2 atau dengan kata lain harga per meternya hanya Rp. 70.000.

Foil transfer RONIta mampu bertahan sampai 20 kali cuci dengan syarat jangan dikucek atau disikat ketika mencuci..setrika di baliknya..hasil sablon akan lebih awet jika ketika mencuci kaos dibalik dan menggunakan mesin cuci secara normal. Foil transfer dapat diaplikasikan ke bahan katun, PE atau campuran. Prosesnya pengepressan selama 10 detik dengan suhu 160 derajat.

PETUNJUK PEMAKAIAN BAHAN FOIL


Siapkan foil transfer dan masking sticker khusus untuk tekstil.
Tempelkan masking sticker di atas bahan foil transfer, bagi anda yang tidak memiliki alat laminasi dingin maka proses ini dapat dilakukan secara manual.
Setelah foil transfer dan masking menyatu maka bahan siap digunakan
Masukkan bahan ke mesin cutting dan cuttinglah sesuai design atau gambar anda dengan posisi terbalik atau mirror.
Seteah selesai proses cutting maka selanjutnya adalah proses pengelupasan atau pemisahan antara bagian yang tidak perlu dan yang terpakai.
Hasil bahan yang sudah tercutting dan dipisahkan dari bagian yang tidak perlu. Disini baru terlihat bentuk sticker masking, sticker ini berfungsi dua yaitu untuk mengikat design akan kita mudah menempelkan dan menahan panas ketika proses press dilakukan.
Setelah itu press foil transfer ke kaos dengan suhu 160 derajat dan waktu 15-20 detik.
Apabila hasil press sudah dingin maka cabutlah sticker masking dengan pelan2 sampai semuanya terlepas. Sticker masking jangan dibuang karena dia dapat dipakai lagi .
Jadilah produk kaos dengan sablon foil yang dilakukan dengan cara digital.

D. BAHAN FLEX

Flex adalah heat transfer material yang sudah ada warnanya, jadi tidak bisa diprint seperti bahan printable felx. Bahan ini ada yang menyebutnya sticker sablon karena mirip seperti bahan cutting sticker. Jadi proses pemakaiannya kita tinggal potong bahan (bisa manual bisa otomatis tapi sebaiknya otomatis menggunakan mesin cutting) setelah itu press di atas kain.


E. FOREVER COATING

Nama Produk : FOREVER COATING

Deskripsi : Merupakan cairan penguat untuk hasil sablon digital, cairan ini akan melapisi hasil cetakan atau sablon digital sehingga hasil sablon digital lebih awet dan memiliki daya tahan cuci yang kuat.


Cara penggunaan :

1. Siapkan forever coating dan selembar kain halus (kain halus ini bisa berupa majun atau kain katun).

2. Basahi kain tersebut dengan forever coating secukupnya.


3. Oleskan secara merata forever coating ke permukaan gambar / hasil print di atas transfer paper.

4. Tunggu sampai cairan forever coating mengering.
5. Press gambar ke atas kaos dan forever coating tidak akan membekas sama sekali di hasil sablonan.
Tips & Trik

Forever coating yang baru di oleskan akan membuat hasil print terlihat kasar atau bertekstur akan tetapi hal ini akan hilang ketika sudah di press. Untuk itu disarankan ketika melakukan pengolesan usahakan setipis dan serata mungkin.

4 komentar:

  1. pak ada di daerah bandung penjual bahan flock bludru ga ''''

    BalasHapus
  2. FOREVER COATING
    bisa di gunakan di tinta sumblim gk ya
    di harga brp thx

    BalasHapus
  3. gan dimana kalo mau beli FOREVER COATING dan hargae brapa?

    BalasHapus
  4. gan ane mw beli bahan foil digital! hubungi kmn ya?

    BalasHapus